7 Tips Memilih Catering Untuk Memuaskan Tamu Undangan

By January 21, 2018Blog, Catering

Setiap pasangan yang akan menyelengarakan pernikahan, pasti memiliki tujuan untuk berbagi kebahagiaan dengan kerabat, saudara dan teman-teman yang hadir. Beberapa persiapan pun pasti sudah di rencanakan dengan matang dari jauh-jauh hari.

Dimulai dari tema, konsep, venue, baju pengantin, catering, sampai berapa jumlah tamu yang akan di undang. Tentu saja segala persiapan ini dilakukan dengan tujuan tadi, agar mereka yang datang merasa terpuaskan.

Dari sekian banyak persiapan yang harus dilakukan oleh calon mempelai baik pria maupun wanita, hal yang penting dan harus diperhatikan adalah jamuan atau menu catering untuk para tamu undangan yang hadir.

Untuk apa dekorasi mewah, baju pengantin yang bagus, gedung yang besar, tetapi undangan tidak dijamu dengan makanan yang baik.

Namun, bukan berarti makanan yang baik adalah makanan yang mewah lho.. setidaknya hidangan catering yang disajikan untuk para tamu undangan kamu tidak bikin ribet untuk disantap dan bisa dinikmati oleh para tamu.

Nah, buat kamu yang sedang bingung bagaimana menentukan bentuk sajian / jamuan atau menu catering yang cocok dan pas untuk pesta pernikahan nanti, kita akan bagikan beberapa kiat untuk memuaskan para tamu undangan yang nanti akan hadir. Kita simak yuk!

Tips Memilih Catering

Pilih Cara Penyajian Catering

Tentukan dulu penyajian makanannya, apakah ingin berbentuk buffe (prasmanan) atau bentuk angkringan. Sesuaikan dengan tema pernikahan dan bujet yang tersedia.

Pilihan penyajian catering dalam bentuk prasmanan ataupun angkringan sebetulnya sah-sah saja, hanya saja tetap harus disesuaikan dengan tema pernikahan dan bujet kamu ya.

Penyajian catering dalam bentuk prasmanan dan angkringan keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Untuk kamu yang acara pernikahannya ingin lebih akrab, agar setiap orang bisa dengan duduk santai menikmati hidangan, maka penyajian catering secara prasmanan lebih cocok jika diterapkan.

Secara penyajian lebih sederhana karena berbagai menu masakan disajikan langsung di meja-meja tamu.

Kelebihan dari penyajian makanan catering secara prasmanan ini selain lebih sederhana yaitu dana yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Namun penyajian dengan prasmanan ini tidak memberikan banyak pilihan menu untuk para tamu.

Sedangkan buat kamu yang ingin acara pernikahan yang fleksibel dengan Standing Party, serta agar para tamu undangan bisa dengan leluasa memilih aneka menu yang disajikan, maka pemilihan penyajian dengan angkringan memang lebih cocok.

Namun penyajian jenis angkringan ini tentu saja memerlukan dana yang cukup besar.

Gimana, udah ada bayangan untuk pilih penyajian prasmanan atau angkringan?

Sesuaikan menu dengan tema pernikahan serta selera para tamu undangan

Setelah menentukan bentuk penyajian, setelah itu kamu harus juga memilih menu catering. Ini tentu saja adalah bagian yang paling memusingkan, selain harus menyesuaikan dengan tema acara kamu juga selera orang-orang yang kamu undang nantinya.

Misalnya kamu ingin buat konsep pernikahan dengan adat tertentu. Sudah pasti makanan-makanan tradisional dengan daerah tersebut yang disajikan.

Bagi kerabat kamu sih mungkin cocok-cocok saja dengan menu catering yang disajikan. Tapi jangan lupa juga untuk memperhatikan selera tamu undangan yang lain ya.

Intinya jangan sampai ada satupun tamu undangan kamu yang nggak bisa menikmati makananmu.

Pilih menu-menu yang umum, untuk bisa memenuhi selera tamu undangan yang berbeda-beda

Agar hidanganmu bisa dinikmati oleh semua tamu yang diundang, ambil cara yang paling aman yaitu bisa dengan memilih menu catering yang umum.

Misalnya untuk menu prasmanan, kamu bisa memilih beberapa menu catering yang umum seperti rendang, capcay, ayam goreng, puding dan untuk buah bisa kamu pilih semangka, melon dan pisang.

Setidaknya menu-menu makanan tadi masih dipercaya untuk bisa dinikmati semua tamu undangan.

Sajikan menu makanan yang seimbang antara makanan utama, pembuka dan makanan penutup.

Penyajian dalam sebuah acara pernikahan tidak perlu mewah, yang terpenting sajikan menu catering yang seimbang antara makanan utama, makanan pembuka dan penutupnya.

Adanya buah sebagai makanan pembuka dan aneka puding dan kue-kue manis sebagai penutup, yang tentu saja di sesuaikan dengan menu utama sudah cukup memenuhi kriteria penyajian menu makanan yang seimbang.

Contohnya jika tema acara yang kamu pilih adalah tema tradisional, maka untuk pemilihan menu penutupnya kamu bisa memilih kue-kue seperti jajanan pasar.

Jangan sajikan makanan yang ribet untuk di santap, seperti kambing guling dan ikan goreng yang disajikan utuh.

Jika mendengar makanan seperti ikan bakar, kambing guling, atau iga bakar, siapa yang tidak tergiur dengan aneka makananĀ  tersebut.

Namun, jangan salah menu-menu makanan yang menggiurkan tadi bisa bikin ribet saat akan disantap jika kambing guling dan ikan bakarnya dalam keadaan utuh, atau iga bakarnya masih sulit dipisahkan dengan tulangnya.

Yang terjadi malah tamu undangan merasa kesulitan dan jadi lama banget untuk menikmati menu catering kamu ya. Padahal kan sebetulnya mereka juga ingin menikmati menu makanan lain yang kamu sajikan.

Lakukan Test Food untuk mencari yang cocok dengan selera kamu dan pasangan

Test food merupakan syarat utama jika kamu ingin menentukan catering mana yang akan kamu pilih di acara pernikahan nanti.

Pilihlah catering yang memiliki kualitas bagus dan cocok dengan dana yang kamu siapkan. Pastikan kesegaran bahan-bahan yang digunakan serta kehalalalannya.

Jadi pastikan catering yang kamu pilih menyediakan test food, sehingga kamu dan pasangan punya bayangan cita rasa masakan seperti apa yang akan kamu sajikan untuk para tamu undangan.

Pertimbangkan untuk melebihkan sedikit jumlah makanan yang kamu pesan untuk menghindari kehabisan makanan.

Semua pasangan yang akan menikah pasti menginginkan untuk meminimalkan anggaran untuk pesta pernikahan nantinya.

Namun bukan berarti kamu menyiapkan menu makanan dengan jumlah pas-pasan dengan jumlah tamu yang kamu undang.

Agar insiden kekurangan makanan tidak terjadi, maka kamu perlu melebihkan sedikit jumlah makanan yang kamu pesan.

Karena tamu yang datang belum tentu mereka datang sendiri kan, bisa saja dengan pasangannya. Jangan sampai, tamu masih berdatangan tetapi makanan kamu sudah habis ya!

Gimana, sudah ada bayangan untuk jamuan pesta pernikahan kamu? Semoga tips memilih catering ini dapat membatu ya!

Ramdhani

Author Ramdhani

More posts by Ramdhani

Leave a Reply